Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyetir Mobil

Jakarta - Sebelum menyetir mobil, banyak yang harus diperhatikan agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Lalu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum memulai mengemudikan kendaraan?

Pebalap dari Toyota Team Indonesia (TTI) Alinka Hardianti menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan seseorang sebelum memulai mengemudikan kendaraan.


Menurut dara manis ini, hal pertama yang harus diperhatikan itu diri sendiri sendiri. Pengemudi harus sehat dari jasmani dan rohani.


"Kalau orang capek itu bisa mempengaruhi otaknya jadi mengemudi tidak akan konsen kalau di antara jasmani dan rohami ada yang bermasalah," kata Alinka di sela-sela acara Coaching Clinic 10 Tahun Avanza bersama detikOto, Minggu (15/12/2013).


Selain itu, hal lainnya seperti mengecek kondisi ban. Cobalah cek atau melihat ban, dari depan mobil, disiru lihat lekukan ban kalau melekuk kurang angin dan kalau tidak itu normal.


"Tapi adanya baiknya Anda selalu mengecek tekanan aingin," ujarnya.


Hal lainnya, carilah posisi berkendara yang nyaman bagi Anda. Hal itu agar pengemudi bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Seperti jarak setir dan kaki dengan pedal gas, rem dan kopling.


"Saya ingatkan kalau menginjak pedal rem dan gas itu pakai kaki kanan saja. Kalau pakai kaki kiri tidak aman," katanya lagi.


Dijelaskan Alinka, posisi yang nyaman dan aman itu harus mencapai kopling yang paling dalam. Posisi setir harus berada di angka jam 12.


"Kenapa harus tangan kita diantara jam 12? Itu karena kalau kecelakaan jangkauan tangan kita paling terjauh. Kenapa tangan tidak terlalu dekat? Akan menggangu saat bermanuver lagi, kalau stir terlalu belok, kita akan susah bermanuver karena tetlalu ribet," ujarnya.


Untuk jarak dari dada sama stir itu ada baiknya, lanjut Alinka berjarak sekitar 40 cm, kemudian simpan tangan di setir dengan posisi di jam 12.


Setelah itu, Anda juga harus mengatur spionnya. Kalau bisa 30 persen dari spion gambar mobil Anda sendiri dan sisanya jalanan.


"Itu menghindari blind spot dimana ketika kita akan menyalip bisa melihat mobil di samping kiri dan kanan. Kebanyakan kan ketika mau menyalip ke kanan, tiba-tiba diklakson mobil yang ada di samping Anda, itu namanya mobil lainnya ada di daerah blind spot kita," pungkasnya.