Bukan Touring Balapan Liar

Jakarta - Selesai sudah perjalanan touring Jakarta-Surabaya dengan naik motor, yang dilaksanakan dalam #YamahaRoadWarriors Riding to City of Heroes oleh myTRANS, detikOto, dan Yamaha.

Touring yang dilaksanakan untuk memperingati hari pahlawan ini dimulai tanggal 26-30 November 2013 yang menempuh total jarak lebih dari 1.000 km, yang dibagi ke dalam 4 etape, yaitu Jakarta-Bandung (hari ke-1), Bandung-Purwokerto (hari ke-2), Purwokerto- Surakarta (hari ke-3), dan Surakarta-Surabaya (hari ke-4).


Tema kepahlawanan yang diambil dalam program ini, menjadi ruh bagi para peserta selama perjalanannya. Sebagaimana para pahlawan dahulu, bahwa mereka telah bekerja keras dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Para pahlawan telah melakukan kerja-kerja besar dalam perjuangannya.


Jiwa-jiwa kepahlawanan menjadi jiwa-jiwa para riders dalam berkendara di jalanan. Disiplin, taat, tertib, patuh kepada pimpinan, kerjasama, dan tolong menolong dilakukannya selama dalam perjalanan. Keselamatan menjadi faktor utama dalam perjalanan ini.


Jangan sampai ada yang tertinggal atau terluka dikarenakan ugal-ugalan di jalanan. Kami harus memperhatikan siapa saja di depan dan di belakang kami.


Perjalanan ini bukan perjalanan balapan liar yang tidak memperhatikan hak-hak para pengguna jalan lainnya, ataupun bukan pula perjalanan yang ditakuti oleh pengguna jalan lainnya karena sikap ugal-ugalan di jalan.


Perjalanan ini adalah perjalanan menikmati keindahan alam Indonesia sebagai hasil jerih payah para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Dan kami berusaha mengisi kemerdekaan ini, dengan menjadi model bagaimana berkendara dengan baik dan sopan di jalanan.


Seorang warrior adalah seorang prajurit yang senantiasa siap sedia membela negara.


Dan 'Road Warriors' hadir menjadi contoh dalam berkendara roda dua dengan saling menghargai, taat kepada aturan, dan berani.


Dengan demikian diharapkan semakin banyak masyarakat yang berkendara dengan baik, tidak berkendara sambil SMS-an atau mabuk yang tidak hanya membahayakan diri sendiri tapi juga orang lain. Sehingga pihak berwajib tidak usah menyediakan Drager Alcotest 7510 (sumber: DetikOto), sebuah alat untuk mendeteksi alkohol bagi pengendara, apakah dia mabuk atau tidak dalam berkendara.


Perjalanan kami berakhir di Surabaya, Kota Pahlawan. Sesuai dengan tema program ini yaitu Road Warriors-Riding to City of Heroes. Kami berkesempatan mengunjungi Tugu Pahlawan, yang menjadi ikon heroisme untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.


Di kompleks tersebut juga terdapat Museum Sepuluh Nopember yang di dalamnya terdapat banyak peninggalan peperangan mulai dari radio, pakaian perang, senjata, dan lain sebagainya.


Yang menarik di Museum Sepuluh Nopember adalah lukisan perang gerilya Jenderal Soedirman yang diangkut dengan tandu selama peperangan berlangsung, dimana Sang Jenderal tidak pernah meninggalkan salat malam dalam gerilya tersebut.


Dengan berakhirnya perjalanan Road Warriors di Kota Pahlawan, terdapat pesan yang mendalam, bahwa setiap kita bisa menjadi pahlawan di manapun kita berada. Asalkan kita mengikuti jejak-jejak para pahlawan dalam setiap langkah kita. Kerja keras, disiplin, taat,


saling menghargai, dan berani adalah sikap-sikap yang harus ditiru oleh generasi mendatang. Road Warriors…..Merdeka!


Osep Muhammad Yanto Road 6






Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com