General Motors Punya Mobil Autopilot 2 Tahun Lagi

Jakarta - Pabrikan Amerika General Motors, sudah bersiap menelurkan mobil autopilot. Untuk tahapan pertama GM akan memperkenalkan mobil semi-auto pilot dalam 2 tahun ke depan.

"Melalui teknologi dan inovasi, kami ingin membuat berkendara menjadi lebih aman," ujar CE GM Mary Barra seperti dilansir CNN, Rabu (10/9/2014).


Mobil itu akan bisa mengontrol dirinya sendiri (tanpa bantuan pengemudi) dengan menggunakan berbagai aneka sensor. Jadi mobil bisa 'berbicara' dengan mobil lain.


Barra menyebut teknologi buatan GM itu sebagai Super Cruise. Sistem ini belum sepenuhnya autopilot, namun membuat pengendara tidak perlu lagi memegang setir kemudi. Baik pada kecepatan tinggi maupun rendah.


Super Cruise akan dipasang pertama kali di mobil Cadillac CTS model tahun 2017 (akan dirilis tahun 2016). "Sistem akan mengurangi kemacetan, polisi dan kecelakaan lau lintas," ujar Barra.


Teknologi autopilot tidak hanya dikembangkan oleh GM semata, Nissan, Mercedes-Benz dan bahkan raksasa internet Google sudah mengembangkan berbagai tipe mobil tanpa pengemudi.


Untuk beredar di jalanan, mobil ini tinggal menunggu kepastian kebijakan dari pemerintah Amerika.