Daihatsu Bikin Luxio untuk Pengguna Kursi Roda

Jakarta - Dari deretan mobil modifikasi yang akan dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, ada 1 mobil modifikasi Daihatsu yang cukup menarik perhatian. Ya, mobil itu adalah Luxio Sloper.

Luxio Sloper itu dimodifikasi agar para penyandang difabel atau pengguna kursi roda tetap merasa nyaman saat naik mobil. Bagaimana tidak, mobil itu ada kursi rodanya di bagian penumpangnya.


Head Development Project Team 3 R&D PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Satriyo Budiutomo menjelaskan ini merupakan mobil Daihatsu yang dimodifikasi dan akan dipamerkan di IIMS nanti.


"Ini masih prototype belum menjadi produk yang siap diproduksi masal," tegas Satriyo.


Menurut Satriyo, modifikasi Luxio Sloper itu dilengkapi jalan untuk menaik dan menurunkan kursi roda. Pihaknya juga sudah meenguji coba alat dan kursi rodanya dengan bobot 120 kg dan saat pengujian itu sama sekali tidak mengalami masalah.


"Jadi aman untuk pengguna kursi roda ketika ingin naik dan turun dari mobil," katanya.


Jadi, kursi roda yang akan membawa orang naik dan turun itu telah dilengkapi sebuah kabel baja. Fungsinya adalah untuk menarik kursi roda yang sumber tenaganya dari mootor listrik.


Nah, jika kursi roda dan orangnya sudah naik, maka kursi roda itu akan secara otomatis mengunci sehingga orang yang ada di kursi roda itu tetap aman.


Jika ada kursi roda dan orangnya, otomatis kabin baris kedua dan ketiganya harus dikorbankan, kursinya bisa dilipat dan kursi rodanya bisa masuk.


Dalam membuat mobil ini, Satriyo mengaku membutuhkan waktu 3 bulan. Saat ini mobil masih dalam status sebagai mobil modifikasi konsep, tapi jika ada yang tertarik Daihatsu akan merekomendasikan tempat yang bisa memodifikasi Luxio seperti ini.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com