Yamaha R25 'Made in Indonesia'

Jakarta - Produsen motor Yamaha baru saja memperkenalkan motor terbaru mereka, Yamaha YZF-R25. Menurut Yamaha, sebagian besar komponen motor ini merupakan 'made in' Indonesia.

"Mayoritas made in Indonesia. Saat ini tidak bisa jelaskan persentasenya, tapi sebagian besar memang made in Indonesia," kata Direktur Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Yutaka Terada di Danau Toba, Selasa (20/5/2014).


Lebih lanjut Direktur Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Sutarya kemudian memaparkan kalau Indonesia memang dipilih Yamaha karena kualitas produksi yang sudah sangat baik.


"Itu sebabnya kita jadi pusat produksi global untuk R25 ini," katanya.


Yamaha menyiapkan YZF-R25 untuk melawan Honda CBR250R dan Kawasaki Ninja 250 yang sudah berada di pasar motor sport full-fairing bermesin 250 cc di Indonesia.


Untuk melawan kedua rivalnya tersebut, Yamaha R25 hadir dengan desain supersport yang diwarisi dari YZR-M1. Balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series juga ada di motor ini bersama pelek aluminum dengan ban tapak lebar yang pada akhirnya membuat Yamaha menyebut motor ini sebagai superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari.


Di tengah motor ada mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.


Mesin tersebut menurut Yamaha mampu melahirkan kekuatan yang sangat besar di kelasnya yakni 26.5 kW atau 36 PS.