Nissan Serius Produksi Mobil Balap Ini

Detroit - Setelah di Jepang, mobil balap Nissan IDx kini dipamerkan di ajang otomotif Detroit Auto Show 2014. Hal ini menunjukkan kalau Nissan serius memproduksi mobil di 2016 mendatang.

Nissan IDx yang sebelumnya hanya eksis di dunia maya lewat game-game performa ini akan dihiasi dengan paket modifikasi. Nissan IDx akan mendapat kosmetik sehingga menyajikan unsur sporty dan elegan di setiap lekuk tubuhnya.


Nissan IDx sendiri tersedia 2 pilihan tipe yaitu IDx Nismo dan IDx Freeflow. Dengan platform sama, kedua mobil ini akan memiliki dimensi panjang 4.100 m (lebih pendek dari Toyota 86) dan tinggi 1.300 m.


Kedua mobil ini akan menyasar pada segmen berbeda. Untuk konsumen yang mementingkan gaya bisa memilih IDx Freeflow, sementara untuk konsumen yang tertarik pada kecepatan bisa menampuk IDx Nismo. Nah, nantinya IDx Nismo ditampuk untuk menyaingi Toyota 86.


Nissan IDx Freeflow mengandung mesin 1.200 cc dan 1.500 cc dengan sokongan sistem transmisi CVT. Sedangkan IDx Nismo disokong mesin 1.600 cc turbocharged dengan transmisi CVT.


Wakil Presiden Eksekutif Nissan Andy Palmer mengatakan kalau Nissan tidak memproduksi kedua mobil ini melainkan salah satunya saja. Namun Palmer enggan menyebutkan model mana yang akan diproduksi Nissan pada 2016 mendatang.


Bisa jadi Nissan akan memproduksi IDx Nismo, sebab mobil sport kelas menengah tengah diganderungi oleh konsumen berjiwa muda. Tapi Nissan belum memutuskan hal ini termasuk apakah akan tersedia mesin transmisi manual.


Kendati demikian, Palmer menyebutkan kalau satu di antara dua mobil ini harus tersemat fitur paddle shift demi meningkatkan impresi berkendara.


"Saya akan mengharapkan beberapa jenis paddle shift. Ada banyak cara mendapatkan impresi berkendara mobil manual," sahut Palmer.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com