Lamborghini Lahirkan SUV di 2017

Detroit - Merek yang biasa bermain di segmen mobil sport, Lamborghini akan segera membuat Sport Utility Vehicle (SUV) bernama Urus. Kabarnya, mobil ini akan lahir di 2017 mendatang.

Urus sebenarnya bukan SUV pertama milik Lamborghini. Sebab merek Italia ini tercatat pernah melahirkan SUV bernama LM002 di era 90an silam. Nah untuk Urus, mobil ini tidak lama lagi akan lahir.


"Pasar luxury SUV masih akan terus berkembang," ujar CEO Lamborghini Stephan Winkelmann saat ditemui di Detroit Motor Show, seperti dilansir dari Auto News, Jumat (17/1/2014).


Lamborghini berharap ketika sudah diproduksi nanti, Urus akan memiliki penjualan hingga 3.000 per tahun dan menjadi tulang punggung baru bagi mereka.


Ketika lahir nanti, Lamborghini Urus ini akan bersaing dengan mobil SUV mewah milik Bentley, Rolls-Royce dan Maserati yang juga tengah dipersiapkan.


Pada versi konsepnya, mobil yang akan berbagi platform dengan VW Touareg dan Porsche Cayenne yang sama-sama menggunakan platform PL73 ini memiliki tiga pintu dengan kabin yang mampu menampung 4 penumpang. Tingginya hanya 1,66 meter dengan roda 24 inchi.


Namun, karena menyandang nama Lamborghini, hampir pasti tenaga yang dimilikinya akan sangat besar. Kabarnya Urus akan menggunakan mesin 4.200 cc V8 dari Audi dengan tenaga mencapai 600 hp. Namun Bentley pun dikabarkan akan menyumbangkan mesin 6.000 cc konfigurasi W12 pada Urus.


Nama Urus sendiri diambil dari nama satu jenis leluhur banteng yang disebut Julius Caesar sebagai banteng liar di pegunungan Eropa yang sudah lama punah. Urus yang juga dikenal sebagai Aurochs adalah banteng purba raksasa dengan tinggi hampir 1,8 meter.


Tubuh Lamborghini Urus akan dibuat seringan mungkin dengan interior minimalis yang dibentuk dari karbon dan diperkuat serat polimer dan posisi duduk yang lebih rendah dari seluruh pesaingnya.


Foto: Lamborghini Urus



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com