Kening Orang Asing pun Mengkerut Lihat Anak SMP Naik Motor di Indonesia

Jakarta/Bandung - Mungkin karena faktor umur yang belum matang, banyak anak sekolah yang mengendarai motor dengan cara yang ugal-ugalan. Satu motor digunakan oleh lebih dari 2 orang, bahkan bisa 5 orang. Orang asing yang kebetulan tengah berada di Indonesia pun dibuat keheranan.

"Teman-teman saya orang asing heran dengan kondisi ini seperti membiarkan anak kecil sambil berdiri diantara orang tuanya samabil naik motor," ujar Armia Ibrahim pada detikOto.


Anak SMP dan bahkan SD di Indonesia sudah banyak yang berani mengendarai motor sendiri. "Perasaan saya miris kalau lihat anak-anak SMP bahkan SD sudah bawa motor sendiri. Hal ini juga banyak terjadi di Bandung. Nggak jarang saya lihat ibu-ibu yang dibonceng anak-anak di bawah umur ini," ujar Venny Arsianti.


Venny merasa polisi sudah saatnya bertindak tegas pada anak yangg belum waktunya bawa motor ini.


"Tindakan juga ditujukan untuk orangtua yang mengizinkan anak-anak yang di bawah umur ini bawa motor. Selain membahayan diri sendiri, juga membayakan orang lain. Keseimbangan anak-anak ini belum sebaik orang dewasa bahkan mungkin kakinya saja belum sampai menginjak tanah. Heran sekali saya sama orangtua yang membiarkan nyawa anaknya dipertaruhkan di jalan," ujar Venny.