Harga Mobil Murah Datsun Baru Naik Tahun Depan

Semarang - Belakangan ini ramai diperbincangkan para produsen mobil yang bermain di segmen Low Cost and Green Car (LCGC) akan menaikan harga jual mobil murahnya. Tapi berdasarkan peraturan permerintah, produsen boleh menaikkan harga jika sudah 1 tahun meluncurkan mobil murahnya.

Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja mengatakan, berdasarkan peraturan pemerintah saat ini Datsun belum bisa menaikkan harga jual mobilnya, karena belum genap 1 tahun meluncurkan mobil murahnya, GO+ Panca maupun GO Panca.


"Datsun belum naikin harga, kita sendiri baru tahun depan kalau mau naik harga karena sesuai dengan peraturan pemerintah," tegas Indri di sela-sela acara Test Drive Datsun GO Panca di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/10/2014).


Menurut Indri, tahun depan juga masih melihat berbagai kemungkinan. Jika kondisi pasar seperti nilai tukar mata uang atau inflasi naik, maka kemungkinan besar harga mobil Datsun naik juga tahun depan.


"Kalau naik juga bayangannya sesuai dengan inflasi. Sekarang inflasi 6,72 persen, tahun depan tidak tahu berapa," katanya.


Ditambahkan Indri, kenaikan harga sebesar inflasi itu untuk ukuran mobil dengan harga Rp 100.000.000 cukup besar. Apalagi ini segmen Low Cost and Green Car (LCGC) yang target konsumennya orang dari kalangan menengah.


"Kita intinya kalau pun nanti naik harga pasti di Mei tahun depan. Karena, 1 tahunnya itu bulan Mei tahun depan," pungkasnya.