'Meski Murah Tapi Harus Tetap Gaya'

Sentul - Pasar otomotif nasional tengah ramai dengan hadirnya mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Saat ini ada 5 mobil murah dari pabrikan yang berbeda dan desainnya juga berbeda-beda.

Menurut Pengamat Desain Otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yanes Martinus Pasaribu dari semua mobil murah yang dijual di Indonesia, dipastikan masyarakat Indonesia akan tetep memilih mobil yang desainnya tetap stylish.


"Sekarang itu masyarakat mengutamakan gaya. Meski harga murah tapi mereka maunya gaya," ujar Yanes saat ditemui detikOto di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/10/2013).


Menurut pria yang juga dosen desain produk di ITB dari semua desain mobil murah yang ada di Indonesia, desain yang tipenya boxy dipastikan kurang diminati oleh masyarakat. Masyarakat akan lebih memilih tipe yang station wagon.


"Ada Datsun Go+ dan nanti mungkin menyusul desain yang station wagon yang lainnya. Ditambah lagi 3 row, itu ke depannya yang akan dicari oleh masyarakat Indonesia," katanya.


Model yang station wagon, lanjut Yanes memiliki bahasa desain yang lebih menarik dan modern. "Kesan sedannya masih ada, orang sekarang lebih menghargai desain, setelah itu baru inovasi pada sektor interior," lugasnya.


Setelah itu, city car juga akan memiliki market yang tinggi. Ditambah lagi dengan banyaknya keluarga muda yang ingin memiliki mobil dan didukung dengan adanya mobil murah.