Mazda3 Bakal Bisa Hirup CNG

Tokyo - Bahan bakar gas dianggap banyak kalangan sebagai bahan bakar masa depan. Berbagai model yang diperkuat dapur pacu penghirup gas pun bermunculan. Kini, Mazda bakal menampilkan Mazda3 yang mampu menghirup CNG.

Produsen yang bermarkas di Hiroshima ini mengungkapkan kalau mereka akan memperlihatkan Mazda3 SKYACTIV-CNG Concept yang bisa digunakan dengan memanfaatkan compressed natural gas (CNG).


Mazda mengatakan tujuan mereka memperlihatkan Mazda3 SKYACTIV-CNG Concept adalah sebagai upaya mereka untuk memberikan berbagai pilihan jenis bahan bakar pada konsumennya di masa depan. Kini Mazda memiliki dapur pacu bensin, diesel hingga hybrid.


Menurut rencana, mobil tersebut akan diperlihatkan Mazda di Tokyo Motor Show yang akan digelar di akhir bulan November.


Harapan Mazda pada Mazda3 memang besar. Sebab model ini adalah salah satu tulang punggung Mazda di seluruh dunia dengan sumbangan 30 persen dari volume penjualan global mereka.


Adapun Mazda3 SKYACTIV-CNG Concept dibuat dengan mengadopsi sistem dual fuel yang memungkinkan mobil ini berjalan dengan menggunakan bahan bakar bensin dan CNG.


Mazda mengatakan kalau mesin CNG membutuhkan tekanan tinggi untuk membakar bahan bakar dan mesin bensin SKYACTIV-G juga sudah mencapai rasio kompresi yang tinggi. Dengan begitu, untuk menggunakan CNG, Mazda hanya membutuhkan modifikasi kecil. Dengan menggunakan CNG, produksi emisi menurut Mazda bisa berkurang hingga 20 persen dibanding bila menggunakan bensin.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com