Trik Mercy Agar Mobil Tidak Diincar Maling

Jakarta - Tingkat pencurian kendaraan bermotor (ranmor) di Indonesia, khususnya di Jakarta semakin meningkat. Bayangkan saja maling hanya butuh waktu 5 menit untuk meenggasak 1 unti kendaraan.

Dengan begitu kewaspadaan seseorang pemilik mobil harus ekstra hati-hati. Penggunaan alarm yang canggih serta kunci ganda harus terus digalakan.


Menanggapi kejadian itu, PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) tidak begitu khawatir karena mobil-mobil Mercy yang dipasarkan di Indonesia memiliki tingkat keamanan yang maksimal.


Seperti yang dikatakan oleh Product Manager MBI Yahya, kalau secara fitur memang belum ada yang khusus untuk antimaling dan lain sebagainya, tapi keunggulan mobil Mercy yakni kuncinya yang didesain khusus sehingga tidak mudah untuk di palsukan.


"Fitur khusus memang belum ada tapi kunci-kunci di mobil kita (Mercy) itu yang menjadi keunggulannya. Kuncinya didesain khusus dan tidak mudah ditiru," ujar Yahya saat berbincang dengan detikOto beberapa waktu lalu.


Dijelaskan Yahya, kalau pengguna mobil Mercy kuncinya hilang maka ia tidak sembarang bisa menduplikatnya di sembarang tempat. Sang pemilik mobil harus datang ke MBI untuk dibuatkan kunci lainnya.


Dalam hal permintaan kunci duplikatnya juga tidak mudah, pemilik tersebut harus mengisi berbagai pertanyaan yang tersedia di formulir yang MBI sediakan.


"Banyak pertanyaan-pertanyaan di situ, jadi tidak sembarang bisa, kalau dinyatakan sudah layak maka orang itu bisa mendapatkan kunci cadangannya kembali, katanya.


Ke depannya, lanjut Yahya mungkin akan ada fitur yang lebih spesifik lagi mengenai antimaling. Tapi untuk saat ini desain kunci tersebut sudah cukup membantu pemilik kendaraan dalam menjaga mobilnya terbebas dari maling.