Air Keras Digunakan Maling Motor untuk Bobol Gembok

Jakarta - Motif pencurian yang dilakukan sekawanan pencuri kendaraan bermotor banyak modusnya. Ada yang membuka paksa dengan kunci T dan lain sebagainya. Ada lagi 1 modus yang sering dilakukan pencuri yakni menggunakan air keras.

Pemilik Toko Trendtik yang khusus menjual aksesoris skuter Vespa dan Piaggio, Kim yang berada di jalan Otista Raya No.52, Jakarta Timur, mengatakan modus menggunakan air keras yakni untuk membobol gembok atau kunci gandanya.


"Biasanya air keras itu dituangkan ke permukaan kunci gembok lalu pencuri menggunakan bor untuk listrik lama-kelamaan akan hancur sendiri dan gembok bisa langsung dibuka," kata Ko Kim kepada detikOto.


Dijelaskan Kim, waktu untuk mencuri atau menghancurkan gembok tersebut hanya 2 menit saja. Tapi jangan khawatir karena ada gembok yang kualitasnya jauh lebih bagus dan susah untuk dihancurkan menggunakan air keras.


"Kalau yang harganya Rp 170 ribuan sampai Rp 200 ribuan itu bahannya susah untuk dihancurkan dengan air keras ataupun di gergaji besi," katanya lagi.


Modus kedua yakni menghancurkan dengan menggunakan gergaji besi. "Jadi gembok digergaji tapi waktunya cukup lama bisa 5 atau 10 menit untuk memotong gembok tersebut," tuntasnya.