Apa Nama Mobil Murah Suzuki di Pakistan?

Jakarta - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menjadikan Pakistan sebagai negara tujuan ekspor perdana mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) Karimun Wagon R.

Karena beda negara maka beda pula nama mobilnya. Di Pakistan, mobil 5 penumpang rakitan anak bangsa itu berubah menjadi Suzuki Wagon R, berbeda dengan pasar domestik yaitu Suzuki Karium Wagon R.


"Nama model Suzuki Wagon R," kata Wakil Presiden Suzuki Motor Co Jepang Toshihiro Suzuki, di sela-sela acara “Suzuki LCGC Export to Pakistan” di Pabrik Suzuki Tambu, Bekasi, Jabar (5/6/2014).


PT SIM secara bertahap mengekspor 1.200 unit Wagon R dari pabrik Suzuki roda empat di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, dengan target total 20.000 unit per tahun.


Mobil tersebut dirakit di di Tambun, Bekasi, Jawa Barat dengan jumlah produksi 3.200 unit di antaranya 2.000 dalam bentuk CBU, dan 1.200 unit dalam bentuk CKD.


Spesifikasi Suzuki Wagon R untuk Pakistan dibedakan dengan Karimun Wagon R yang dipasarkan di Indonesia. Perpedaan itu tidak pada terjadi mesin dan komponen vital lainnya.


"Untuk Indonesia ada roof rack, tapi Pakistan tidak ada. Pelek alloy ada di Indonesia tapi di Pakistan tidak ada. Heater Indonesia tidak ada. Pakistan ada. Foglamp di Indonesia tidak ada, tapi di Pakistan ada," paparnya.