Ada LCGC, Peran City Car Berubah

Jakarta - Kemunculan mobil-mobil Low Cost and Green Car (LCGC) membuat peta pasar otomotif nasional berubah. Bagaimana nasib-nasib mobil yang dulu harganya murah seperti city car?

"Pasar sedikit berubah karena kehadiran LCGC. Ini dua hal yg berbeda, dimana 16 persen itu pangsa pasar city car sementara 8 persen akan diambil segmen LCGC," kata Vice President Director National Sales and Marketing, Yoshiya Horigome, di Jakarta.


Dia melihat dengan munculnya LCGC, peran mobil-mobil hatchback sendiri akan bergeser.


"Bukan lagi menjadi entry car, karena sudah ada LCGC di bawahnya. Jadi kita akan mencoba menawarkan fitur-fitur yang lebih menarik pada New March," tambahnya.


Karena itulah, agar orang tetap tertarik dengan city car, maka selain soal harga, fitur yang ditawarkan menjadi poin utama.


"Orang orientasi pertamanya itu kan ada di harga, tapi dengan adanya LCGC kan orang akan melirik hatchback bukan lagi dari harga, tapi dari fitur yang diberikan," tambahnya.


Nissan pun kini merilis March dengan pilihan mesin yang beragam. Jika tadinya hanya ada mesin 1.200 cc 3 silinder yang memiliki tenaga 76 PS, maka kini Nissan melengkapinya dengan mesin HR15DE berkapasitas 1.500 cc, dengan teknologi Continuously Variable-Valve Timing Control (CVTC) yang menawarkan performa dan efisiensi bahan bakar optimal.


Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 102 PS di 6.000 rpm, dan memiliki torsi 108 di 4.400 rpm untuk manual dan mencapai torsi 106 di 4.000 rpm untuk varian matik.


Berikut 5 tipe varian terbaru March di Indonesia


1. New March 1.2 M/T Rp 149,8 juta

2. New March 1.2 A/T Rp 159,9 juta

3. New March 1.2 A/T XS Rp 169,9 juta

4. New March 1.5 M/T Rp 181 juta

5. New March 1.5 A/T Rp 191 juta