Merek Helm Ternama Juga Ada yang Dibajak SNI-nya

Jakarta - Jangan tergiur dengan harga helm yang murah terutama helm yang sudah bermerek di Indonesia. Tak perlu menyebutkan nama brandnya tapi menurut pengakuan pedagang helm kaki lima di kawasan Senen, Jakarta Pusat mengaku kalau banyak juga helm SNI yang dibajak.

Pedagang helm kaki lima yang enggan disebutkan identitasnya itu mengatakan kalau ada juga helm bajakan terutama merek-merek ternama.


"Kalau helm bajakan gitu biasanya harganya lebih murah. Jangan tergiur jika helm bermerek terus harganya murah, sudah pasti itu bajakan," kata pria berkacamata ini saat ditemui detikOto, Senin (17/6/2013).


Menurutnya, salah satu ciri helm SNI bermerek yang bajakan itu dari tulisan SNI-nya serta kualitas kaca dan busa di dalamnya.


"SNI-nya ada yang enggak diembos. Kalau diembos itu biasanya asli, tapi kalau yang bajakan ada yang cuma pakai stiker doang. Itu salah satu pembedanya," ujarnya.


Sayang ia tidak ingin membeberkan ciri helm SNI bajakan lebih dalam. Katanya ini juga merupakan kerahasiaan yang harus dijaga.


"Satu aja ya mas, nanti kalau semuanya saya bisa digebukin pedagang helm kaki lima di Jakarta," elaknya sambil tertawa.


Wah hati-hati Otolovers jika membeli helm terutama helm yang sudah memiliki brand ternama, ternyata ada juga yang dibajak sama orang-orang yang tak bertanggung jawab.