Thailand Ancaman Indonesia Soal Mobil Murah

Jakarta - Pemerintah memiliki alasan mendasar melahirkan program pengembangan mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC). Pemerintah ingin membendung arus mobil murah impor dari Thailand.

"Berawal kami mengantisipasi impor mobil sejenis dari Thailand. Mobil LCGC sudah dibikin dari Thailand 5 tahun lalu sehingga kita perlu membatasi masuk ke Indonesia," kata Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Soerjono di acara diskusi mobl murah dan kemacetan Jakarta di Hotel Pan Pacific Jakarta, Sabtu (21/12/2013).


Pemerintah khawatir ketika tak ada LCGC yang dibuat di dalam negeri, ketika memasuki pasar bebas ASEAN akhir 2015, Indonesia bisa kebanjiran mobil-mobil murah impor dari Thailand. Menurutnya bila LCGC tak dikembangkan, Indonesia akan terlambat mengembangkan mobil murah asli buatan dalam negeri.


"Daripada tahun 2015 kita dibanjiri dari Thailand. Kita nanti nggak bisa menahan laju importasi dari Thailand," jelasnya.


Hingga saat ini beberapa perusahaan otomotif seperti Toyota, Honda, Suzuki hingga Daihatsu telah mengembangkan mobil murah di Indonesia. Bahkan dalam waktu tidak terlalu lama pabrikan otomitif Datsun akan mengembangkan mobil murah di dalam negeri.


"Pasar domestik milik kami bukan milik luar. Apapun kesulitan kita harus bersaing dengan luar," tegasnya.