Cara Berkendara Irit Ala Pebalap Mobil

Jakarta - Pebalap wanita dari Toyota Team Indonesia (TTI) Alinka Hardianti mencoba memberikan cara irit berkendara menggunakan Toyota Avanza. Ada beberapa cara sederhana yang bisa membuat Anda pengguna Avanza jadi lebih irit bahan bakar minyak (BBM).

Menurut dara cantik yang akrab disapa Alinka, cara yang paling sederhana adalah bagaimana cara kita mengoper gigi. Gigi pertama, kedua, ketiga dan selanjutnya harus disesuaikan dengan RPM (rotasi putaran mesin).


Untuk mobil manual, agar irit BBM, perpindahan gigi dilakukan saat RPM berada di 1.800 hingga 3.000 rpm. Jika itu dilakukan secara terus-menerus bisa membuat irit BBM.


"Jadi gigi pertama kalau RPM-nya sudah mencapai 1.800 kita pindahkan ke gigi 2 dan seterusnya sampai maksimal di 3.000 rpm," kata Alinka di sela-sela acara Coaching Clinic 10 Tahun Avanza bersama detikOto.


Lalu bagimana untuk mobil bertransmisi otomatis atau matik?


Lanjut Alinka, untuk mobil matik itu karena perpindahan giginya sudah di-setting atau diatur maka tinggal bagaimana si pengendaranya mengendarai mobil itu.


"Jangan terlalu menginjak pedal gas kencang-kencang atau harus secara perlahan dan tetap konstan di antara 1.800 sampai 3.000 RPM," katanya lagi.