Mobil Tanpa Sopir Mobil Masa Depan

Boston - Beberapa tahun terakhir produsen mobil mulai serius menggeluti dan membuat teknologi mobil tanpa sopir (otonom). Bahkan beberapa pabrikan sudah ada yang mulai mengujinya di jalanan umum.

Dilansir laman Reuters, Minggu (11/1/2015) Boston Consulting Group (BCG) memprediksi mobil tanpa sopir itu akan mengambil 10 persen dari penjualan kendaraan global atau sekitar 12 juta unit mobil per tahun pada tahun 2035 mendatang.


Menurut BCG 44 dari pengendara mobil di Amerika Serikat (AS) yang disurvei mengatakan akan mempertimbangkan untuk membeli mobil tanpa sopir dalam 10 tahun kedepan dan 20 persennya mengatakan akan bersedia membayar tambahan dana sebesar US$ 5.000 untuk membeli teknologi tersebut.


"Ini akan menjadi suatu perubahan yang radikal bagi industri otomotif," kata Head of BCG Global Automotive Practice Thomas Dauner.


Produsen mobil seperti General Motors (GM), Volkswagen, Audi dan Mercedes-Benz sudah mulai mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir. Tapi masih semi-otomatis atau masih memerlukan peran manusia.


Sebagai langkah awal, mobil yang akan menggunakan teknologi itu diterapkan pada mobil premium seperti Cadillac CT6 dan Audi A8 di 2017 mendatang.


Lambat laun, teknologi mobil tanpa sopir akan semakin merajalela di pasar otomotif global.