Mengenal Jenis-Jenis Suspensi Mobil

Jakarta - Salah satu komponen penting dalam sebuah mobil yang memberikan rasa kenyamanan berkendara adalah suspensi. Tanpa adanya suspensi yang menunjang mobil, penumpang di dalam mobil tidak akan dapat duduk dengan nyaman ketika mobil melewati jalan bergelombang atau rusak.

Jenis suspensi mobil sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni suspensi dependen dan suspensi independen. Tiap jenis suspensi itu memiliki ragamnya masing-masing. Berikut ini adalah penjelasan tiap suspensi tersebut.


Dependen


Dalam mobil yang menggunakan jenis suspensi dependen, roda kiri dan roda kanan dihubungkan oleh poros kaku (rigid), dan poros kaku tersebut dihubungkan ke bodi dengan menggunakan pegas, peredam kejut, dan lengan kontrol (control arm). Mobil-mobil berat seperti truk masih banyak yang menggunakan jenis suspensi ini.


Independen


Pada mobil dengan jenis suspensi independen, roda kiri dan roda kanan mobil bergerak secara bebas karena tidak dihubungkan oleh satu poros kaku. Suspensi independen ini juga terbagi atas beberapa macam, berikut ini adalah empat di antaranya: