Suzuki: MPV Wagon R dan Matik? Sabar!

Jakarta - Meski terhitung sebagai pemain baru di kancah roda empat nasional, Suzuki Karimun Wagon R langsung menarik minat masyarakat. Sejak resmi diluncurkan pada November silam, sudah ribuan Karimun Wagon R terpesan. Lalu kapan kira-kira Suzuki bakal mengeluarkan versi 7-seater dan versi matik dari mobil murah mereka ini?

Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang dihelat pada akhir September lalu, Suzuki sempat memamerkan Karimun Wagon R dengan kapasitas duduk 7 penumpang. Pertanyaan pun timbul, apakah ini menjadi awal dari rencana Suzuki memasukkan mobil tersebut untuk menemani versi 5 penumpangnya.


Namun, 4W Marketing & DND Director PT. SIS Davy J. Tuilan mengelak hal tersebut. Dia mengatakan kalau Karimun Wagon R dengan kapasitas duduk 7 penumpang hanya merupakan mobil pameran.


"Belum ada rencana. Itu kita pajang untuk melihat reaksi publik, ternyata cukup bagus. Tapi karena kapasitas pabrik kita terbatas, sepertinya belum bisa tahun depan," jelasnya.


Pun begitu dengan Karimun Wagon R bertransmisi otomatis. Untuk varian ini, Suzuki menurut Davy juga masih belum akan meluncurkannya. "Masih belum juga untuk tahun depan. Harap sabar," kata Davy.


Di Desember ini, Karimun Wagon R dibanderol Rp 77-99 jutaan. Harga Rp 77 juta itu untuk Karimum Wagon R tipe GA, harga Rp 89,9 juta untuk tipe GL dan harga Rp 99,9 juta untuk tipe GX (on the road untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya).


Karimun Wagon R ini menggendong mesin generasi terbaru K10B, DOHC yang ringan dan bertenaga, Multi Point Injection serta Penggerak Roda Depan (FWD). Dengan menggunakan mesin berkapasitas 1,000 cc, 12 valve dengan 3 silinder bertenaga 68 PS dan torsi 90 Nm yang akan disalurkan melalui transmisi 5-speed.