Fenomena Tahun 2000-an Bakal Terulang Kembali

Jakarta - Mulai akhir tahun 2013, industri otomotif nasional diramaikan oleh mobil-mobil Low Cost and Green Car (LCGC) dari beberapa pabrikan. Mobil LCGC itu didominasi oleh tipe city car dan dijual dengan harga terjangkau.

Menurut Pengamat Desain Otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yanes Martinus Pasaribu, kemunculan LCGC ini seakan pengulangan fenomena di tahun 2000-an.


Fenomena ini bakal terulang kembali di tahun 2014 mendatang. Fenomena yang dimaksud adalah kemunculan mobil dengan harga terjangkau.


"Tahun depan fenomenanya mirip dengan tahun 2000-an. Waktu itu kondisi sedang mahal tapi tiba-tiba banyak mobil city car yang di-launching dan dijual dengan harga terjangkau," kata Yanes saat dihubungi detikOto.


Pria asal Bandung ini menuturkan seperti pabrikan-pabrikan mobil meluncurkan Hyundai Atoz, KIA Visto, Suzuki Karimun dan lain sebagainya.


"Saat seperti itu, harga mulai mahal, tapi masyarakat tetap bisa membeli mobil dengan harga yang jauh lebih murah. Tahun depan juga akan seperti ini, segalanya serba mahal tapi masyarakat tetap bisa membeli mobil," kata Dosen Desain Produk ITB ini.


Hanya saja, Yanes menambahkan untuk tahun 2014 masyarakatnya akan terlihat lebih masif ketimbang di tahun 2000-an dan pola pikirnya akan lebih urban.