Mirip Mobil Mainan, BMW Seri 7 Bisa Parkir Sendiri Pakai Remote Control

Munich -BMW telah merilis rincian baru pada sedan Seri 7 generasi yang akan mendatang. Sedan ini akan memiliki fitur yang bisa memarkir dirinya secara otomatis dengan bantuan remote control.

BMW Seri 7 model 2016 akan menjadi mobil produksi pertama yang bisa memarkir sendiri. Opsi remote control akan memungkinkan pemiliknya untuk keluar dari kendaraan dan melihat BMW Seri 7 mereka memarkir sendiri tanpa dikemudikan meski di ruang parkir yang ketat sekalipun.

Dengan bantuan remote yang disebut BMW Display Key, kendaraan bisa diperintahkan untuk masuk maupun keluar area parkir secara otomatis tanpa dikendarai. Teknologi ini masih dibahas dengan beberapa regulator di beberapa negara agar bisa disetujui di semua pasar.

Keunggulan lainnya dari BMW Seri 7 model 2016 adalah dilengkapinya gesture control yaitu kemampuan sistem hiburan mobil untuk memahami gerak tubuh pengemudinya. BMW percaya, fitur ini akan menjadi yang pertama di industri otomotif.

Sistem itu menggunakan sensor 3 dimensi untuk mendeteksi gerakan tangan dan tubuh penggunanya. Dengan begitu, fitur ini bisa mempermudah penggunanya untuk mengontrol volume radio dan menerima atau menolak panggilan telepon.

Dikatakan, sedan Seri 7 terbaru ini akan lebih ringan 130,18 kg daripada model sebelumnya. Sebab, BMW telah menggunakan Carbon Core di struktur bodi Seri 7 dan menerapkan teknologi model 'i'. Serat karbon ini juga diklaim membantu meningkatkan torsi dan tenaga.

BMW juga mengatakan, Seri 7 terbaru akan didukung oleh mesin turbocharged enam silinder. Performa handling sedan ini juga ditingkatkan dengan adanya sistem stabilisasi electromechanically-driven Dynamic Drive roll pertamanya.

(rgr/ddn)