Suspensi Ohlins Bermasalah, Moge Honda dan Yamaha Ditarik

Montreal -Dua motor gede yang terdiri dari Yamaha YZF-R1M model 2014 dan Honda CBR1000RR SP model 2015 ditarik dari peredaran untuk diperbaiki. Soalnya, perangkat suspensi Ohlins yang digunakan keduanya ditengarai bermasalah.

Seperti dilansir Autoevolution, Jumat (24/4/2015), salah satu bagian dari suspensi Ohlins kendur, sehingga berisiko mengancam keselamatan pengendara motor. Terlebih jika kedua motor dipacu dengan kecepatan tinggi.

"Mur batang piston mungkin telah dikencangkan sebelum kontak logam demi logam piston telah terpasang dengan benar. Hal itu menyebabkan kendurnya baut," kata pihak Ohlins dalam pernyataannya.

Disebutkan baut yang mengendur itu bisa menyebabkan suspensi belakang tidak berfungsi. Walhasil, motor tak bisa dikendalikan secara maksimal bahkan berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal.

Sementara suspensi Ohlins yang bermasalah dalam kasus ini adalah model TTX36, TTX GP, TTX RT dan TTX36 MKII. Jadi, motor yang menggunakan suspensi itu harus diperiksa dan diganti jika perlu.

Diler resmi Yamaha dan Honda akan memeriksa suspensi itu dan menggantinya tanpa memungut biaya jika ditemukan kerusakan. Sejauh ini, recall dua motor sport itu berdampak di Kanada dan Australia. Sementara Amerika Serikat dan Eropa sedang diselidiki.

(rgr/arf)