Aduh, Mobil Murah Ini 'Cuek' Minum Premium

dok. istimewa (Jimmy)


Jakarta - Upaya pemerintah yang cuap-cuap melarang mobil murah (Low Cost Green Car/LCGC) menggunakan bensin subsidi jenis premium tak ampuh. Tetap saja pengguna mobil baru ini cuek mengisi bahan bakarnya dengan premium. Duh!

Penampakan mobil murah minum premium ini terlihat dalam foto yang dikirim oleh Jimmy, Senin (14/10/2013). Salah satu pembaca detikOto ini bercerita, mobil merek Daihatsu Ayla ini mengisi premium di bilangan Margonda, Depok.


"Foto itu diambil sekitar 3 hari yang lalu di Margonda. Sekitar pukul 20.00 WIB," tutur Jimmy.


Padahal, Menteri Perindustrian MS Hidayat menjelaskan spesifikasi bahan bakar untuk mesin mobil murah ramah ini minimal harus menggunakan pertamax atau RON 92. Bila memaksa pakai bensin premium, dalam 2 tahun mesinnya rusak.


"Kami sudah diskusikan, RON 92 itu ekuivalen dengan Pertamax. Jadi nggak bisa gunakan di bawah Pertamax. Kalau orang itu memaksakan diri, 2 tahun juga mesinnya rusak dan produsen nggak mau beri garansi," tegas Hidayat.


Sementara, pembaca lainnya Yudha juga berhasil mengambil foto mobil murah yang ikut minum premium.


"Minggu 13 Oktober 2013, beberapa unit Daihatsu Ayla dengan gagahnya minum bensin bersubsidi (premium) di sebuah SPBU di Jl Padjajaran, Bogor," kata Yudha.