Akhirnya Mobil Murah Meluncur Pekan Depan

Jakarta - Setelah menanti sekitar 1 tahun, mobil dengan harga terjangkau akan meluncur ke jalanan Indonesia.

Kabarnya mobil murah seperti Astra Daihatsu Ayla akan diluncurkan pekan depan.


Pastinya ini kabar baik untuk pecinta Ayla yang sudah lama menanti mobil tersebut.


Peluncuran mobil ini rencananya akan mengambil di salah satu lokasi hotel ternama di Jakarta.


Kedua mobil murah Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya ini sebenarnya sudah diperkenalkan di Indonesia pada 19 September 2012.


Waktu itu, Menteri Perindustrian, MS Hidayat yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan serta jajaran Astra International dengan bangga memperkenalkan kedua mobil tersebut.


Namun peluncurannya agak tertunda karena pemerintah saat itu masih menghitung pajak yang akhirnya memberikan keleluasaan.


Sebagai payung dari mobil Low Cost and Green Car ini pemerintah mengeluarkan PP Nomor 41 tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah.


Di aturan itu disebutkan PPnBM untuk kendaraan LCGC dibebaskan asal memiliki konsumsi BBM sedikitnya 20 km per liter dengan mesin bensin maksimal 1.200 cc atau mesin diesel maksimal 1.500 cc.


Agya dan Ayla menggunakan mesin kode 1KR 1.000 cc. Data menunjukkan tenaganya mencapai 65 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal 8,7 kgm pada 3.600 rpm.