Seputar Mobil Klasik, Antik dan Vintage

Jakarta - Untuk membicarakan mengenai mobil klasik, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai definisi mobil klasik. Anda harus mengetahui perbedaan di antara mobil klasik, mobil antik, dan mobil vintage.

Ketiga jenis mobil tersebut memang memiliki perbedaan yang sangat tipis, tergantung dari sudut pandang melihatnya.


Berikut ini adalah perbedaan ketiga jenis mobil tersebut.



Mobil Antik


Yang dikategorikan sebagai mobil antik pada umumnya adalah mobil yang berusia lebih dari 45 tahun. Namun, di beberapa negara, ada juga mobil-mobil yang dikategorikan sebagai mobil klasik berdasarkan ketentuan yang telah disepakati, bukan berdasarkan umur mobil. Akan tetapi, penentuan berdasarkan umur mobil juga banyak digunakan secara umum.


Selain itu, kondisi mobil dan aksesorisnya juga harus sesuai dengan bawaan awal, bukan yang telah diganti-ganti atau telah mengalami banyak perubahan besar.




Mobil Klasik


Definisi mobil klasik memang hampir tumpang tindih dengan mobil antik. Akan tetapi, umumnya mobil klasik adalah yang berusia minimal 20 tahun dan tidak lebih dari 40 tahun. Selain itu, ada juga yang menyatakan bahwa mobil klasik bukanlah yang diproduksi sebelum tahun 1925.


Karena itu, semua mobil antik bisa juga termasuk mobil klasik, tapi tidak semua mobil klasik termasuk mobil antik. Juga, mobil klasik boleh mengalami perbaikan dan perawatan agar tetap bagus, tapi tidak mengubah desain dan spesifikasi awal mobil tersebut.



Mobil Vintage


Definisi mobil vintage juga tumpang tindih dengan mobil antik. Bagi sebuah mobil untuk masuk ke dalam kategori mobil vintage haruslah yang diproduksi antara tahun 1919 dan 1930—tapi ada juga yang membatasi hingga tahun 1925.



Tidak seperti mobil antik dan mobil klasik, mobil vintage tidak harus mempertahankan desain asli dan spesifikasi awal, bahkan mobil vintage juga boleh dimodifikasi tanpa harus kehilangan status “vintage”-nya.


Mengoleksi mobil klasik merupakan hobi para pencinta mobil yang memiliki uang dan waktu untuk melakukannya. Walaupun itu adalah hobi yang menyenangkan, tapi tanpa informasi memadai dan passion yang tepat, hobi tersebut dapat membuat frustrasi dan membuat boros. Orang-orang yang memiliki pengalaman ketika membeli mobil klasik mengetahui bahwa membeli mobil klasik hampir sama dengan ketika membeli mobil baru. Membeli mobil juga merupakan sebuah investasi, karena itu Anda harus melakukannya dengan tepat. Jadi, apa saja yang harus Anda ketahui untuk menjadi kolektor mobil klasik? Inilah jawabannya.