Trik Untung Bermain Die Cast

Jakarta - Berinvestasi sekaligus menyalurkan hobi tampaknya tak bisa dipisahkan bagi kolektor die cast mobil. Barang-barang koleksi itu bisa menghasilkan uang lebih jika sang kolektor pintar mengaturnya.

Seperti dituturkan Wawan (43), salah seorang kolektor diecast. Untuk mendapatkan keuntungan, Wawan memiliki cara khusus. Ia tidak melulu membeli diecast yang dibanderol dengan harga tinggi.


"Kalau saya belinya itu enggak terlalu maniak, kalau ada yang baru langsung beli gitu enggak. Saya tunggu harganya turun dulu. Karena kalau kita terlalu nafsu beli, jujur aja itu pasti keluar uang juga banyak. Kalau prinsip saya biar lambat asal komplet," ujar Wawan kepada detikOto.


Menurut Wawan, jika beruntung mendapatkan item yang langka dan digemari banyak orang, nilai item itu pun akan semakin tinggi.


"Jadi kalau misalnya saya beli Rp 25.000, tapi saya jual ini bisa sampai ratusan ribu. Tergantung kita punyanya apa. Karena langka dan banyak penggemar juga," katanya.


Jika sudah begitu, harganya tidak bisa diprediksi. Jadi, harganya tergantung keinginan orang untuk beli.


"Jadi kalau dia sudah suka, kadang harga berapapun dia beli dan kita (pemilik) kalau kita suka, harga berapapun kita enggak mau jual," ujarnya.


Trik lain pun sering dilakukan Wawan. Jika ada penawaran menarik dari supermarket atau toko mainan, ia akan membelinya. Nantinya, item itu dijual dengan harga normal.


"Saya lebih senang beli yang beli dua dapet satu, saya kumpulin dulu. Kita beli aja dulu tapi yang kira-kira orang-orang suka. Nanti kita jual dengan harga normal aja cepat (laku)," kata Wawan.


Wawan pun sering mengikuti lelang item diecast. "Kalau di Amerika itu kan suka ada lelang. Saya suka beli dengan lelang. Saya lihat dulu harganya. Tapi tetapharus ada patokan. Kalau lewat patokan itu ya saya enggak mau," katanya.