Daftar Mobil-mobil yang Bisa Diandalkan di Indonesia

Jakarta - Analis JD Power merilis daftar mobil yang paling diandalkan di Indonesia. Mobil-mobil ini disebut bisa diandalkan karena memiliki sedikit masalah.

Lebih dari setengah (52 persen) pemilik mobil baru merasa kualitas adalah poin penting bagi mereka dalam membeli mobil.


Para pemilik mobil juga melihat reputasi merek kendaraan yang bagus dalam memilih kendaraan.


"Kualitas awal kendaraan, baik kualitas produk maupun dari aspek persepsi, sangat penting bagi konsumen saat mereka membeli mobil," ujar Direktur J.D. Power Asia Pasifik Rajeev Nair saat melaporkan J.D. Power Asia Pacific 2013 Indonesia Initial Quality StudySM (IQS).


Sebelum membeli kendaraan, lanjut Rajeev, konsumen melihat situs-situs otomotif dan forum. Informasi dari internet ini sangat mereka andalkan saat membeli mobil.


Dalam catatan J.D. Power secara keseluruhan kualitas kendaraan di Indonesia mengalami peningkatan. Jika tahun lalu ada 82 masalah dari 100 kendaraan, maka di tahun ini membaik menjadi 74 masalah dari 100 kendaraan.


Pemilik kendaraan seperti MPV dan SUV merupakan pemilik yang memiliki paling sedikit masalah dengan kendaraannya, 69 masalah dari 100 kendaraan. Sementara pemilik mobil van paling tidak happy dengan kendaraannya, karena mereka melaporkan setidaknya 89 masalah per 100 kendaraan.


Studi ini dilakukan pada sekitar 59 model kendaraan baru yang dimiliki oleh sekitar 3.293 orang antara bulan Oktober 2012 sampai Agustus 2013.


Jadi mobil apa yang paling bisa diandalkan di tanah air? Berikut daftarnya dengan melihat tiap-tiap segmen: