Ekspor Motor ke Jepang Lebih Sulit Ketimbang ke AS dan Eropa

Jakarta - Di antara negara-negara lainnya, Jepang adalah negara yang paling sulit ditembus untuk melakukan ekspor sepeda motor. Sepeda motor yang masuk ke Jepang harus memiliki kualitas yang tinggi.

Tapi semua itu berhasil ditembus oleh Yamaha Indonesia dengan mengekspor motor sportnya, R25. Bahkan target ekspor R25 ke Jepang cukup tinggi yakni 4.200 unit sampai akhir tahun mendatang.


GM Service & Motor Sport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin menuturkan, masuk ke pasar Jepang tidaklah mudah tetapi Yamaha Motor Corporation memberikan kesempatan kepada Yamaha Indoensia untuk menembus pasar Jepang.


"Kalau mau masuk pasar global, masuklah pasar Jepang. Kalau setelah lolos dari pasar Jepang, baru bisa ekspor produk ke mana-mana," ujar Abidin sambil tertawa di Head Office Yamaha, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (17/10/2014).


Hal senada juga dilontarkan oleh Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia Mohammad Masykur, produk Yamaha R25 yang diekspor ke luar negeri memiliki standar global sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dunia.


"R25 itu model global yang kita produksi di Indonesia. Karena model global jadi survei dan lain sebagainya dilakukan secara global agar bisa menyesuaikan dengan kondisi di negara lain," kata Masykur.