Google Dipaksa Pasang Setir dan Pedal ke Mobil Tanpa Pengemudinya

California - Masih ingat dengan mobil tanpa pengemudi Google? Mobil yang tidak memiliki pedal gas/rem serta kemudi ini harus mendapatkan tekanan dari pemerintah California AS.

California DMV (Departemen of Motor Vehicle) atau Samsat California meminta Google untuk memasang pedal dan setir jika Google ingin mencoba mobil itu di jalanan California.


Dikutip dari Wall Street Journal, aturan yang akan berlaku 16 September itu mewajibkan adanya 'campur tangan' manusia dalam proses pengetesan mobil di jalanan umum.


Google pun mematuhinya dan mereka berjanji akan menambahkan pedal dan setir kecil di mobilnya.


"Dengan penambahan ini, pengemudi kami bisa menjajal fitur self-driving, sambil tetap bisa mengontrol kendaraan jika dibutuhkan," jelas juru bicara Google Courtney Hohne.


Mobil ini seperti dilansir BBC, hanya memiliki tombol start-stop saja namun tidak memiliki pedal atau pun kemudi. Tinggal duduk saja di dalam dan mobil akan melaju sendiri.


Jika dilihat modelnya, mobil Google ini mirip city car dengan bentuk yang lucu. Di atapnya ada semacam sensor untuk 'melihat' jalanan.


Mobil ini sengaja didesain Google agar terlihat tidak menakutkan dan membantu masyarakat mengenal teknologi mobil tanpa pengemudi.


Mobil dipamerkan Co Founder Google Sergey Brin dalam jumpa pers di California, AS bulan Mei lalu.


"Kami sangat antusias dengan mobil ini, mobil ini memungkinkan kita untuk meningkatkan kemampuan teknologi self driving dan memahami batasannya," ujar Direktur Proyek Mobil Tanpa Pengemudi Google Chris Urmson.


Untuk melaju, mobil akan menggunakan data-data dari peta Google yang dibuatkan secara khusus untuk mobil autopilot yang sudah dites pada mobil-mobil Google.


Google pun optimistis mobil ini bisa siap di jalanan dalam 1 tahun. Yuk kita lihat video mobil Google di bawah ini: