Canggih, Truk Mercy Bisa Jalan Sendiri

Stuttgart - Siapa bilang teknologi otonom atau autopilot masih sulit untuk terealisasikan? Pabrikan Jerman, Daimler AG sudah mencoba terobosan baru tidak hanya pada mobil penumpang tapi juga pada truk di masa depan. Nantinya truk-truk Mercedes-Benz akan bisa melaju sendiri tanpa intervensi dari pengemudi.

Daimler AG menargetkan truk teknologi autopilot mulai dipasarkan pada mulai 2025 dilansir Daimler, Jumat (4/7/2014).


Perusahaan asal Jerman itu terus mengembangkan truk-truk Mercedes-Benz untuk bisa berjalan sendiri tanpa dikemudikan. Tujuan dari teknologi itu pada truk untuk meningkatkan keamanan situasi lalu lintas ketika pengemudi merasakan kelelahan.


Kelebihan lain yaitu teknologi autopilot diciptakan supaya truk bisa berjalan sendiri, mengerem, dan berkomunikasi dengan lingkungannya.


Agar bisa seperti mobil penumpang, truk-truk itu dilengkapi sistem komputer cerdas dari semua sistem keselamatan yang sudah tersedia seperti kamera, sensor radar dan komunikasi antar kendaraan.


Pilot projek pengembangan truk Mercedes-Benz sudah dilakukan dengan menempuh kecepatan di bawah 100 km/jam di sepanjang jalan bebas hambatan.


Dengan adanya truk cerdas tersebut itu, Daimler menjawab tantangan ini menghasilkan truk aman, lebih efisien dan kompatibel dengan jaringan autopilot yang akan tersedia dalam beberap tahun mendatang.