Gaikindo Tepis Pabrikan Jepang Pelit Teknologi

Jakarta - PT Adiperkasa Cipta Lestari menggandeng Proton dalam rencananya membuat mobil nasional di Indonesia. Padahal di Indonesia, banyak pabrikan otomotif asal Jepang yang memiliki teknologi lebih bagus.

Banyak spekulasi yang menyebutkan, pabrikan otomotif asal Jepang itu pelit alih teknologi sehingga PT Adiperkasa Cipta Lestari lebih memilih pabrikan mobil asal Malaysia ketimbang Jepang.


Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi membantahnya. Menurutnya, anggota Gaikindo yang berasal dari Jepang sudah memiliki pusat riset dan pengembangan sendiri.


"Tidak seperti itu, karena anggota Gaikindo saat ini sudah mengembangkan R&D, sebetulnya dengan R&D itu salah satu contoh kemudian lahir LCGC untuk menekankan transfer teknologi," kata Sudirman.


Terlebih lagi adanya program Low Cost and Green Car (LCGC) yang dibuat oleh pemerintah, karena dalam program tersebut mengharuskan mobil memiliki kandungan lokal yang tinggi dan produsennya memiliki pabrik di Indonesia.


"Pemerintah menargetkan tahun pertama harus seperti apa, tahun kedua seperti apa, tahun ketiga seperti apa, terus seperti itu, dan itu merupakan bagian dari transfer teknologi," katanya lagi.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com